Home / Investasi / 2 Keuntungan yang Bisa Didapat Dari Investasi Saham

2 Keuntungan yang Bisa Didapat Dari Investasi Saham

2 Keuntungan yang Bisa Didapat Dari Investasi Saham

Tidak berbeda dengan sistem penanaman modal lainnya, investasi saham juga dapat memberi keuntungan yang lumayan besar. Dalam bursa saham atau sering juga disebut bursa efek, ada 2 keuntungan paling utama yang diperoleh setelah melakukan transaksi.

ADVERTISEMENT


Berikut Keuntungan Investasi Saham

1. Keuntungan dari capital gain

Capital gain merupakan keuntungan dari investasi saham yang diperoleh melalui selisih harga pada saat membeli dan menjualnya kembali. Selisih ini bisa muncul karena ada kegiatan yang dinamakan aktivitas sekunder yang tidak terjadi di dalam pasar saham.

Misalnya kita melakukan investasi saham sebuah perusahaan dengan harga 4 ribu rupiah, lalu dijual lagi dengan harga 5 ribu rupiah. Maka nilai keuntungan dari transaksi yang dijalankan tersebut adalah seribu rupiah. Keuntungan inilah yang disebut capital gain.

Investasi saham yang tujuannya guna mencari capital gain pada umumnya hanya mempunyai orientasi jangka pendek saja. Jangka waktu investasi saham ini bisasanya hanya berlangsung pada hitungan harian saja. Contohnya, pada hari Senin investor membeli saham, kemudian menjual lagi saham tersebut pada hari Rabu.

2. Keuntungan dari deviden

Jenis keuntungan dari investasi saham kedua dinamakan deviden. Keuntungan ini adalah laba dari perusahaan yang mengeluarkan saham tersebut, kemudian membagikannya kepada setiap investor.

Keuntungan dari investasi saham berbentuk deviden biasanya diberikan setelah dilaksanakan RUPS atau Rapat Umum Pemegang Saham. Keuntungan atau laba tersebut berupa uang tunai dan disesuaikan dengan jumlah lembar saham yang dimiliki oleh investor.

Namun selain itu ada pula laba perusahaan yang dibagi dalam bentuk deviden stok. Artinya, investasi saham yang telah dilakukan akan bertambah jumlah lembaran sahamnya. Tapi yang perlu dicatat, tidak semua laba selalu dibagi kepada investor karena sebagian dari keuntungan tersebut ada yang dipakai sebagai dana memajukan perusahaan.

Mencari keuntungan dari deviden merupakan investasi saham jangka panjang, karena belum tentu setiap tahun perusahaan mampu membagikan labanya. Apalagi jika kinerja perusahaan tersebut menunjukan hasil yang tidak menggembirakan.

Jadi biasanya masyarakat lebih senang investasi saham jangka pendek agar bisa memperoleh capital gain. Hanya saja sistem investasi seperti ini punya resiko kerugian yang lebih tinggi.

Karena itu sebelum ikut investasi saham sebaiknya belajar lebih dulu tentang segala hal yang berhubungan dengan transaksi dan fluktuasi harga saham. Tujuannya agar resiko kerugiannya bisa diminimalkan.

Incoming search terms:

keuntungan membeli sahamkeuntungan pemegang saham dapat berupakeuntungan yang didapat dari kepemilikan saham adalahtanam sahamkeuntungan sahamLaba perusahaan untuk investor sahamkeuntungan pemegang sahamkeuntungan yang diperoleh pemegang sahamkeuntungan yang didapat dari investasikeuntungan apasaja yg didapat oleh pemegang saham

Advertisement

About Qiesta Azalea Helmi

Lahir Di Kec. Peranap Kab. Inhu, Pendidikan Terakhir Di Universitas Islam Riau (UIR), Memiliki Hobi Membaca & Menulis Serta Mendengarkan Music, Sekarang Memiliki Kegiatan Menulis Tentang Ulasan Bisnis Online & Offline.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *