Home / Ide Usaha / 5 Cara Mudah Membangun Usaha Waralaba

5 Cara Mudah Membangun Usaha Waralaba

Advertisement

Ada banyak orang yang tertarik untuk membangun usaha waralaba. Bisnis ini dianggap strategis di masa ini karena banyak yang sukses di bidang ini. Jika keadaan bisnis kali ini masih berjalan bagus, maka tidak ada salahnya untuk turut membangun bisnis ini.

Namun, ada banyak pula yang tak tahu bagaimana cara memulai bisnis waralaba. Pasalnya, waralaba adalah suatu bisnis yang unik baik dalam pegelolaannya dan juga dalam konsepnya. Memahami bisnis ini lebih dalam untuk bisa mengetahui cara menjalankannya, karena tak sedikit bisnis franchise yang berumur pendek karena konsep dan sistem yang salah. Ada beberapa yang hanya menawarkan pembelian royalty tanpa pembinaan yang cukup bagi franchisee nya.

Kasus tersebut diatas sering sekali ditemui. Untuk itu, bagi yang berniat memulai bisnis franchise, perlu diketahui  beberapa hal berikut ini, agar franchise yang didirikan cenderung lebih stabil dan juga bisa berkembang, seperti franchise yang berhasil berkembang lainnya.

Cara Bangun Usaha Waralaba Dan Strateginya

  • Menentukan konsep

Sebelum memulai bisnis waralaba, maka perlu membangun konsep dan juga model usaha yang bakal dibangun. Hal ini untuk memastikan bahawa bisnis kita nanti tidak kehilangan arah dan memiliki visi misi yang jelas ke depannya.

Read More :   Peluang Bisnis Online Dengan Ide Bisnis Gila Yang Menjanjikan

Model bisnis yang dibuat dengan matang juga ta akan membingungkan para franchisee nantinya dan memudahkan dalam pengelolaannya. Karena jika konsep sudah bagus, maka pengembangannya juga lebih mudah. Konsep juga mennetukan standarisasi sebuah bisnis maupun produk.

  • Melakukan kajian franchisability

Dengan kajian ini maka kita akan mengetahui apakah bisnis dan konsep yang kita buat layak atau tidak untuk diluncurkan. Perlu diketahui bahwa model bisnis franchise ini berbeda dengan yang lainnya, sehingga perlu pengetahuan yang cukup untuk memulainya. Dengan demikian kita juga bisa memperkirakan kapan si franchisee bisa balik modal, dan berapa besar yang dibutuhkan untuk memulainya.

  • Melakukan sistem dokumentasi

Dokumentasi adalah hal yang boleh diremahkan. Berbagai perijinan dan juga kelegalan produk kita maka kita akan lebih mudah dalam menjalankan bisnis. Siapkan SOP dan juga pembuatan perjanjian yang bakal diluncurkan nantinya. Usaha waralaba juga membutuhkan dokumentasi yang sedikit rumit, sehingga pastikan sebelum diluncurkan, semuanya sudah diurus dengan benar.

  • Launching dan pemasaran

Setelah launching, maka pemasaran adalah hal yang penting. Bagaiaman sistem pemasaran ni juga penting. Dengan teknologi yang ada juga bisa membuat pemasaran lebih mudah. Usahakan agar memiliki pasar yang strategis untuk membuat para calon franchisee percaya dengan waralaba mereka. Sistem ini juga akan membantu dalam menstabilkan keberadaan produk di masyarakat.

  • Monitoring
Read More :   Menilik Bisnis Sewa Apartemen Harian Di Bandung

Monitoring adalah hal yang harus dilakukan setelah produk dilaunchingkan. Hal ini bisa memantau perkembangan dan respon pasar. Hal ini juga penting dalam menentukan dan memilah calon mitra franchise kita. Sebisa mungkin hindari perselisihan dengan mitra kita. Karen ahal ini bisa berdampak buruk apda penilaian para calon franchisee lainnya.

  • Bangun nama baik

Nama baik sebagai franchisor akan membuat para franchisee lebih mantap dalam memilih kita sebagai mitra bisnis. Untuk itu, kita juga harus melakukan penyempurnaan sehingga lebih menguatkan eksistensi waralaba kita.

Usaha waralaba memang cenderung tidak mudah dan bahkan lebih rumit. Karena konsepnya berbeda dari sistem lainnya. Jika demikian, maka perencanaan yang matang dan benar akan memudahkan dalam mengembangkannya dan juga membuat franchisor lebih eksis dan juga sukses.

Advertisement

Check Also

3 Kesalahan Start Up Dalam Bisnis Di Era Global

3 Kesalahan Start Up Dalam Bisnis Di Era Global

Memulai bisnis tidaklah mudah. Apalagi dalam bisnis Start Up, di mana kita harus memulai semua …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *