Home / Usaha Kuliner / 5 Tips Memulai Usaha Makanan Frozen Food

5 Tips Memulai Usaha Makanan Frozen Food

Advertisement

Peluang usaha makanan memang selalu menggiurkan. Ada banyak ide bisnis untuk memulai usaha ini. Bukan hanya mudah untuk dimulai, namun juga menjamin keuntungan. Siapa sih yang tidak butuh makanan?

Tentu saja siapapun akan mementingkan untuk membeli makanan dibanding membeli yang lainnya. Hal ini membuat bisnis makanan terbuka lebar dan memilki peluang besar untuk dikembangkan. Salah satu ide bisnis di bidang makanan yang tak boleh dilewatkan adalah usaha makanan frozen food atau makanan beku.

Makanan ini sudah akrab bagi semua orang, bak sebagai lauk atau sebagai jajanan yang tentu saja disukai semua kalangan. Lalu, bagaimana cara memulai bisnis ini? Caranya cukup mudah saja dan semua orang bisa melakukanya.

Tips Memulai Usaha Makanan Frozen Food Yang Menjanjikan

  • Menentukan produk yang akan dijual

Tentu saja, sebelum memulai berjualan, harus menentukan dulu makanan apa yang akan dijual. Apakah produk frozen food milik orang lain ataukah milik sendiri? Bukan hanya itu produk frozen food ini juga ada banyak sekali, mulai dari harga dan kualitas hinga aneka ragam jenis dan rasa.

Read More :   Peluang Bisnis Rumahan Membuat Donat Alfabet

Berbagai pilihan yang bisa diambil misalnya udang, bakso, seafood, maupun yang lainnya pilihlah jenis produk yang disukai banyak orang. Lalu, masalah harga, pastikan pula harga dan kuaitas yang diberikan sesuai dengan target pasar. Jika pasar kita adalah kalangan menengah ke atas, maka kita bisa memilih produk dengan harga yang lebih mahal.

  • Modal dan peralatan

Apapun usaha yang dikembangkan, selalu membutuhan modal. Faktor ini memang  tidak bisa dielakkan lantaran modal juga mempengaruhi besar kecilnya omset yang bakal didapat. Untuk frozen food sendiri, modal yang harus disiapkan adalah berupa freezer serta alat packaging yang anti udara.

Tren akan makanan praktis dan juga simpel juga membuat makanan beku menjadi salah satu makanan yang sukses di pasaran. Bukan hanya itu, modal yang tak besar untuk menggelutinya juga membuat banyak orang berminat untuk menggelutinya.

  • Metode pemasaran

Sebelum memulai usaha makanan Frozen Food ini, pikirkan pula metode pemasaran seperti apa yang akan dipakai. Apakah dengan offline dengan menjualnya di tempat perbelanjaan, atau mencari agen lain untuk menjualnya atau dengan online.

  • Memanfaatakan medsos
Read More :   Peluang Usaha Kecil Menengah Bakso Pedas Gila

Medsos seperti facebook, ig, maupun BBM memang sudah terbukti membantu penjualan produk yang ditawarkan. Kenapa frozen food bisa ditawarkan lewat online? Karena makanan ini bisa tahan lama sehingga akan bisa bertahan meskpun  harus melalui satu dua hari pengiriman barang.

Dengan medsos kita juga bisa lebih mengenalkan produk ini ke konsumen baru. Dengan cara ini pula kita juga bisa melakukan interaksi dengan konsumen. Semakin baik pelayanan yang diberikan, maka semakin orang percaya pada produk kita.

  • Pentingnya lisensi makanan

Lisensi makanan dalah wajib hukumnya. Kita tentu tak mau menjual barang illegal, bukan? Apalagi jika bisnis makanan Frozen Food yang kita mulai ingin dikembangkan ke pasar yang lebih luas lagi, maka usaha kita harus memiliki lisensi dan ijin bisnis.

Jika frozen food yang kita jual adaah berupa daging, maka perijinan akan sampai ke BPOM yang memulai akan memakan biaya cukup mahal. Namun hal ini penting sekali karena akan mempengaruhi perkembangan bisnis kita selanjutnya.

Read More :   Manisnya Keuntungan Usaha Makanan Rujak Buah

Peluang usaha makanan frozen food memang menjadi pilihan banyak orang karena melihat peluang yang ada saat ini, dimana orang mulai menyukai makanan yang bisa cepat  disajikan dan awet penyimpanannya.

Advertisement

Check Also

Usaha Kuliner, Peluang Menjanjikan Untuk Masa Depan

Bisnis kuliner adalah salah satu bisnis strategis yang banyak diminati banyak orang. Bukan tanpa alasan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *