Minggu , 22 Januari 2017
Home / Ide Usaha / Ide Usaha Budidaya Ikan Hias Cupang & Cara Memulainya

Ide Usaha Budidaya Ikan Hias Cupang & Cara Memulainya

Ide Usaha Budidaya Ikan Hias Cupang & Cara Memulainya

Begitu banyak peluang usaha yang ada disekitar kita, salah satunya adalah budidaya ikan hias. Bisnis ikan hias memang selalu menjadi salah satu ide usaha yang menarik dikarenakan tingginya permintaan ditambah lagi ikan hias selalu dijadikan sebagai penghias interior rumah agar tampak lebih indah. Ikan cupang dinilai sebagai salah satu varietas ikan kecil yang mempunyai warna bervariasi dan cukup mudah untuk perawatannya.

Baca juga : Ide Bisnis Unik, Bisnis Laundry Sepatu

ADVERTISEMENT


Ide Usaha Melalui Bisnis Ikan Cupang

Budidaya ikan cupang memang dianggap sebagai ide usaha yang paling menarik, namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memulai bisnis ini diantarannya adalah:

  • Mengetahui ciri-ciri ikan cupang

Sekilas dari luar semua ikan cupang adalah sama, namun Anda sebagai penjual harus mengetahui ciri-ciri ikan cupang dan bisa membedakan jenis kelaminnya dengan baik.

Ikan cupang jantan biasanya memiliki warna yang sangat indah dengan sirip panjang yang menyerupai sisir serit yang bergigi sangat rapat sehingga cupang jantan juga sering disebut dengan cupang serit. Sementara untuk ikan betina, warnanya tidak terlalu indah dan cenderung kusam atau netral dan bentuk siripnya lebih pendek dibandingkan dengan ikan jantan.

  • Cara membudidayakan ikan cupang

Dikarenakan ide usaha ikan cupang tergolong ikan yang sangat kecil sehingga tidak diperlukan lahan yang luas untuk mengembangbiakkanya. Anda cukup menyediakan lahan yang berukuran sekitar lima meter persegi. Selain itu, cara pembudidayaannya juga cukup mudah serta perawatannya.

Pakan dari cupang juga tidak sulit untuk diperoleh karena bisa menggunakan kutu air ataupun daphnia sp yang sering juga ditemukan di sekitar selokan air yang tergenang. Sementara untuk induk ikan cupang memerlukan jentik-jentik nyamuk sebagai pakan utama. Untuk anakan ikannya, pakan utamanya adalah kutu air dengan cacing rambut sehingga pertumbuhan bisa lebih cepat.

  • Pasca panen ikan cupang

Untuk pasca panen dari ikan cupang sendiri tergolong cepat karena hanya membutuhkan waktu satu bulan saja sekaligus bisa dilakukan proses penyeleksian sehingga bisa diperoleh hasil ikan yang benar-benar sesuai dengan standar Anda. Sebaiknya pisahkan masing-masing ikan sehingga tidak berkelahi dan dalam waktu dua bulan, keindahan warnanya akan terlihat.

Dengan mengetahui hal penting dalam budidaya ikan cupang sebagai ide usaha menguntungkan ini, maka Anda diharapakan bisa semakin baik dalam mengembangkan bisnis ikan hias cupang ini untuk jangka panjang. Selain itu Anda juga bisa melakukan inovasi di dalamnya.

Incoming search terms:

cara budidaya ikan cupangepan membesarkan ikan cupangcarapeluang usaha bisnis ikan cupang di tahun 2017prospek ikan beta di tahun 2017

Advertisement

About Qiesta Azalea Helmi

Lahir Di Kec. Peranap Kab. Inhu, Pendidikan Terakhir Di Universitas Islam Riau (UIR), Memiliki Hobi Membaca & Menulis Serta Mendengarkan Music, Sekarang Memiliki Kegiatan Menulis Tentang Ulasan Bisnis Online & Offline.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *