Home / Investasi / Keuntungan Melakukan Investasi Reksadana Syariah

Keuntungan Melakukan Investasi Reksadana Syariah

Keuntungan Melakukan Investasi Reksadana Syariah

Beberapa tahun terakhir investasi reksadana syariah semakin disenangi masyarakat Indonesia, terutama yang ingin menanamkan modalnya. Hal ini bukan sebagai hal yang mengherankan karena dibanding konvensional, investasi reksadana syariah jauh lebih menguntungkan.

Secara umum sebenarnya tidak ada perbedaan antara reksadana konvensional dengan syariah. Perbedaannya hanya berada pada sistem yang dianut. Pengelolaan investasi reksadana syariah selalu didasarkan pada kitab suci Alquran beserta hadist nabi.

ADVERTISEMENT


Berikut keuntungan Investasi Reksadana Syariah

1. Likuiditas lebih tinggi

Likuditas tinggi merupakan kelebihan utama yang dimiliki investasi reksadana syariah. Para penamam modal yang tiba-tiba membutuhkan dana segar dapat mencairkan dana investasinya dengan cepat tanpa melalui proses yang rumit.

2. Lebih aman

Dilihat dari sisi keamanan investasi reksadana syariah lebih terjamin keamanannya. Misalnya jika dana yang diinvestasikan diguankan untuk membeli obligasi syariah melalui sistem yang dinamakan underlying. Besaran nilai investasi yang ditanamkan tersebut terus stabil dan tidak pernah mengalami penurunan.

3. Pengawasan yang ketat

Bentuk keamanan lain dari investasi reksadana syariah berasal dari Dewan Pengawas Syariah atau DPS. Fungsi dari badan ini adalah mengawasi sekaligus memberi pengarahan. Sehingga sistem pengelolaan dana investasi yang dikelola agen rekasadana dapat sesuai dengan nilai-nilai syariah.

4. Bisa untuk semua kalangan

Meski berlandaskan nilai-nilai ajaran agama Islam, namun investasi reksadana syariah tidak hanya ditujukan untuk kaum muslim saja. Siapa saja boleh menginvestasikan dananya dalam bentuk reksadana syariah tanpa memandang suku, ras, agama dan sebagainya.

Secara prinsip, investasi reksadana syariah memang tidak memiliki hubungan dengan urusan kepercayaan. Sistem utama yang dianut adalah keadilan, kejujuran dan bisa memberi manfaat bagi sesama manusia.

Jadi jangan heran jika investasi reksadana syariah tidak hanya populer di negara-negara Islam seperti Indonesia saja. Warga negara lain yang sebagian besar penduduknya beragama non muslim juga suka menginvetasikan dana yang mereka miliki dalam bentuk reksadana syariah.

5. Tidak mengenal riba

Prinsip utama lain yang diterapkan pada sistem investasi reksadana syariah adalah tidak kenal riba. Karena bagaimanapun juga riba merupakan sistem ekonomi yang jauh dari prinsip yang dianut oleh agama Islam.

Kesimpulannya, kita tidak perlu ragu mengikuti program investasi reksadana syariah bahkan bisa dijadikan sebagai gaya hidup. Sebab investasi adalah bentuk tabungan yang memberikan manfaat lebih besar untuk masa depan.

Advertisement

About Qiesta Azalea Helmi

Lahir Di Kec. Peranap Kab. Inhu, Pendidikan Terakhir Di Universitas Islam Riau (UIR), Memiliki Hobi Membaca & Menulis Serta Mendengarkan Music, Sekarang Memiliki Kegiatan Menulis Tentang Ulasan Bisnis Online & Offline.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *