Home / Ide Usaha / Melirik Ide Usaha Toko Kelontong! Perhatikan Ini

Melirik Ide Usaha Toko Kelontong! Perhatikan Ini

3 Hal yang Harus Dihindari Dalam Ide Usaha Toko Kelontong

Kebanyakan orang berpikir jika sebuah ide adalah pemikiran yang benar-benar baru dan juga original namun pada kenyataannya, ide usaha bisa menggunakan jenis usaha lama namun diberikan sedikit inovasi sehingga bisa lebih menarik. Toko kelontong merupakan sebuah bisnis rumahan yang bisa dilakukan dengan mudah oleh siapa saja.

Baca juga : Melirik Bisnis Tanaman Hias Yang Menjanjikan

ADVERTISEMENT


Ide Usaha Toko Kelontong: Hal Wajib Yang Harus Dihindari

Ide usaha toko kelontong mungkin memang selalu dibutuhkan oleh banyak masyarakat namun ada beberapa hal yang harus dihindari dalam menjalankannya sebagai berikut:

  • Jangan terlalu sering melihat toko milik pesaing

Sebuah kebiasaan yang sering dilakukan oleh para pemilik toko kelontong adalah selalu mengintip atau memantau pesaingnya yang juga memiliki usaha serupa sehingga tidak fokus dalam mengembangkan toko miliknya sendiri.

Seringkali pemilik toko selalu melihat siapa saja orang yang menjadi pelanggan tetap dari toko tersebut, jenis barang apa saja yang dijual, berapa harga yang dipatok dan hal lainnya sehingga mereka tidak bisa fokus. Daripada Anda sibuk untuk memantau usaha lain, Anda bisa memperbaiki pelayanan serta berinovasi pada barang dagangan sendiri.

  • Berbuat curang baik sengaja maupun tidak

Hal yang harus dihindari lainnya dalam mengembangkan ide usaha toko kelontong ini adalah jangan berbuat curang walaupun sekecil apapun karena hal ini bisa berakibat fatal pada usaha milik Anda sehingga banyak orang yang sudah enggan untuk membeli barang-barang kebutuhan sehari-hari di toko Anda.

Cobalah untuk selalu mengembalikan uang dengan pas dan benar karena terkadang pembeli merasa malas menghitung uang kembalian. Jika Anda menjual sembako seperti beras, maka jangan mencampurnya dengan beras yang lebih murah supaya pembeli akan tetap percaya menggunakan jasa Anda.

  • Pelayanan yang tidak ramah

Terkadanga banyak pemilik toko yang enggan malayani pelanggan dengan baik dan sepenuh hati. Mereka cenderung hanya bertanya keperluan pelanggan, mengambil barangnya, serta mengatakan harga yang harus dibayarkan tanpa mengucapkan salam ataupun terima kasih.

Sebaiknya hindari sikap seperti itu karena kesuksesan bisnis Anda terletak di penilaian pelanggan. Jika Anda melayani dengan ramah, baik dan juga tanggap, maka bisnis bisa berjalan dengan baik.

Semoga hal penting yang harus dihindari oleh pemilik toko kelontong ini bisa membantu Anda untuk mengembangkan ide usaha semakin baik sehingga bisa mendatangkan keuntungan maksimal.

Incoming search terms:

usaha kelontongusaha kelontong 2017usaha warung kelontong di rumah

Advertisement

About Qiesta Azalea Helmi

Lahir Di Kec. Peranap Kab. Inhu, Pendidikan Terakhir Di Universitas Islam Riau (UIR), Memiliki Hobi Membaca & Menulis Serta Mendengarkan Music, Sekarang Memiliki Kegiatan Menulis Tentang Ulasan Bisnis Online & Offline.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *