Home / Investasi / Mengenal 5 Sistem Investasi Emas di Pegadaian

Mengenal 5 Sistem Investasi Emas di Pegadaian

Mengenal 5 Sistem Investasi Emas di Pegadaian

Dibanding penanaman modal lainnya, investasi emas memang lebih menguntungkan bahkan memiliki resiko paling kecil. Apalagi saat ini ada 5 sistem investasi emas di pegadaian yang bisa dipilih sendiri oleh investor. Pemilik modal tinggal menentukan bentuk invetasi emas di pegadaian sesuai dengan kondisi keuangan. Nah, bagi anda yang ingin berinvestas emas melalui pegadaian ada beberapa hal yang harus anda kenal. Yuk, kenal lebih lanjut 5 sistem berinvestasi emas berikut ini :

1. Sistem titipan

Salah satu sistem investasi emas di pegadaian yaitu sistem titipan, dimana pemilik emas bisa menitipkan logam mulia miliknya secara aman dengan biaya yang sangat murah. Emas yang disimpan secara khusus ini mendapat jaminan asuransi.

ADVERTISEMENT


2. Sistem cicilan

Sistem cicilan merupakan jenis investasi emas di pegadaian yang sangat mudah dilakukan. Nasabah tinggal datang ke kantor pegadaian kemudian memilih ukuran berat emas yang akan dijadikan alat investasi.

Uang muka untuk investasi emas di pegadaian dengan sistem ini sekitar 20 hingga 30 % dari nilai logam mulia tersebut. Setelah itu tentukan pula jangka waktu angsuran, yang biasanya antara 1 bulan sampai 3 tahun. Apabila sudah lunas, emas tersebut boleh diambil nasabah.

3. Sistem tabungan

Selain angsuran ada sistem investasi emas di pegadaian yang tidak kalah gampang dilakukan. Dengan dana paling sedikit 5 ribu rupiah saja, nasabah sudah dapat melakukan investasi dan mendapat logam mulia seberat 0.01 gram.

Harga atau nilai investasi emas di pegadaian ini selalu disesuaikan dengan harga pasar ketika transaksi tersebut dilakukan untuk pertama kali. Selain itu nasabah juga bisa menabung emas dengan berat paling rendah.

4. Sistem gadai

Gadai adalah sistem investasi emas di pegadaian paling populer di masyarakat. Caranya, jika nasabah butuh dana segar, bisa menggadaikan logam mulia di kantor pegadaian. Besaran nilai pinjaman ditentukan oleh harga pasaran kemudian dipotong 15%.

Model investasi emas di pegadaian ini berlangsung selama 4 bulan namun dapat diperpanjang lagi. Sedangkan biaya gadainya dihitung setiap 15 hari selama masa pinjaman atau gadai.

5. Sistem arisan

Sistem investasi emas di pegadaian yang terakhir adalah arisan. Program ini dapat dijalankan setelah terbentuk kelompok investasi emas di pegadaian paling sedikit 6 orang. Setelah itu tiap bulan ada undian dan pemenangnya mendapat emas 1 keping.

Penentuan besaran investasi emas di pegadaian ini disesuaikan dengan kemampuan anggota secara bersama-sama. Jadi sebaiknya dikomunikasikan dulu dengan anggota lain, agar tidak terlalu menjadi beban.

Incoming search terms:

besaran inves emas

Advertisement

About Qiesta Azalea Helmi

Lahir Di Kec. Peranap Kab. Inhu, Pendidikan Terakhir Di Universitas Islam Riau (UIR), Memiliki Hobi Membaca & Menulis Serta Mendengarkan Music, Sekarang Memiliki Kegiatan Menulis Tentang Ulasan Bisnis Online & Offline.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *