Home / Investasi / Tips Investasi Reksadana Paling Mudah dan Menguntungkan

Tips Investasi Reksadana Paling Mudah dan Menguntungkan

Tips Investasi Reksadana Paling Mudah dan Menguntungkan

Investasi reksadana merupakan sistem penanaman modal yang sangat mudah dilakukan oleh siapa saja. Bahkan bagi masyarakat yang berpenghasilan rendah, dapat mengikuti program ini karena modal untuk investasi reksadana tidak besar. Dengan uang sebanyak 100 ribu saja kita sudah bisa menanam modal dalam bentuk reksadana.

ADVERTISEMENT


Tips Investasi Reksadana Dengan Mudah

1. Menentukan tujuan

Namun sebelum mengikuti program investasi reksadana, sebaiknya menentukan lebih dahulu tujuannya. Misalnya apakah akan dipakai untuk persiapan pendidikan anak, membeli rumah atau sebagai tabungan pensiun.

Penentuan tujuan investasi reksadana ini punya kaitan erat dengan lamanya waktu menanam modal dan jenis tabungan reksadana yang paling pas untuk dipilih. Jika tujuannya tidak jelas, hasil keuntungannya tidak akan maksimal.

2. Mengenal jenis-jenis reksadana

Setelah menentukan tujuan, langkah untuk menjalani program investasi reksadana berikutnya adalah mengenal jenis-jenisnya. Ada reksadana pendapatan tetap, pasar uang, saham, index, dollar dan sebagainya.

Saat ini, jenis investasi reksadana paling populer dan disenangi masyarakat adalah reksadana pendapatan tetap, pasar uang, saham, campuran dan dana terproteksi. Semua dapat memberi keuntungan besar dengan resiko yang lebih kecil.

3. Menentukan lamanya investasi

Jangka waktu investasi reksadana ada yang tidak lebih dari 1 tahun saja, namun ada yang bisa mencapai 5 tahun lebih. Apabila jangka waktunya lebih pendek sebaiknya memilih reksadana pasar uang.

Kemudian untuk investasi reksadana yang lamanya sekitar 1 hingga 3 tahun, maka lebih baik memilih reksadana campuran. Terakhir jika ingin investasi yang lebih lama lagi, disarankan memilih reksadana saham.

4. Memilih agen reksadana

Begitu jangka waktunya sudah diputuskan, maka langkah investasi reksadana berikutya yaitu mencari agen reksadana yang terpercaya. Agen reksadana harus mempunyai ijin dari Otoritas Jasa Keuangan atau OJK. Selain itu manajer investasinya juga memiliki ijin khusus.

Agar terhindar dari penipuan, cek semua perijinan tersebut pada lembaga OJK. Bagi investor yang tempat tinggalnya berada di luar Jakarta, pengecekan tetap dapat dilakukan melalui situs resmi lembaga tersebut.

5. Jangan menunda

Melalui teknologi yang makin maju dan modern, saat ini investasi reksadana makin gampang dilakukan.. Segala macam informasi yang punya kaitan dengan dunia reksadana juga semakin mudah dicari dan dipahami. Sehingga tidak ada alasan untuk menundanya.

Jadi segeralah ikut program investasi reksadana, agar pada saatnya nanti akan mendapat laba atau keuntungan yang lebih besar.

Incoming search terms:

penanaman modal paling menguntungkanperbandingan reksa dana dan usaha ternak

Advertisement

About Qiesta Azalea Helmi

Lahir Di Kec. Peranap Kab. Inhu, Pendidikan Terakhir Di Universitas Islam Riau (UIR), Memiliki Hobi Membaca & Menulis Serta Mendengarkan Music, Sekarang Memiliki Kegiatan Menulis Tentang Ulasan Bisnis Online & Offline.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *