Home / Investasi / Tips Memilih Investasi Sesuai Karakter Investasi dan Investor

Tips Memilih Investasi Sesuai Karakter Investasi dan Investor

Tips Memilih Investasi Sesuai Karakter Investasi dan Investor

Setiap jenis investasi selalu mempunyai karakter yang tidak sama. Karena itu tips memilih investasi paling utama yang perlu dicemati adalah karakter dari masing-masing jenis investasi tersebut. Hal tersebut mestinya anda ketahui sebelum berinvestasi. Yuk, simak ulasan lebih lanjutnya.

Arti investasi

Sebelum memahami tips memilih investasi lebih lengkap ada baiknya kenal lebih dulu makna dari investasi itu sendiri. Investasi adalah kata yang memiliki kaitan dengan masalah ekonomi dan keuangan. Kata tersebut juga berhubungan dengan jumlah harta dan harapan keuntungan di masa yang akan datang.

Investasi sering pula dinamakan penanaman modal. Jadi tujuan dari tips memilih investasi adalah, agar dana yang ditanamkan bisa memberi penghasilan kepada pemiliknya. Tapi pada sisi yang lain, kadangkala investasi dapat menimbulkan akibat negatif berupa kerugian. Hal inilah yang bikin tips memilih investasi jadi hal sangat penting.

Kegagalan dalam investasi bisa diakibatkan karena kesalahan manusia maupun kejadian yang berada di luar jangkauan manusia.

ADVERTISEMENT


Karakter dan cara memilih investasi

Secara umum, karakter atau unsur investasi dapat dibagi dalam 3 macam yaitu pertumbuhan, penghasilan dan resiko. Dari 3 unsur tersebut bisa diketahui tips memilih investasi yang lebih aman sekaligus menguntungkan.

Read More :   Peluang Bisnis Sambal Kemasan Extra Pedas Yang Menguntungkan

Adapun tips memilih investasi terbaik adalah menentukan paling sedikit 2 unsur yang sudah disebutkan di atas. Pilihan ini harus disesuaikan dengan sifat investornya, apakah dia adalah seorang yang suka berhati-hati atau konservatif, berani ambil resiko atau agresif, atau paduan dari kedua sifat tersebut yang dinamakan sifat moderat.

Cara dan tips memilih investasi berikutnya yaitu mempertimbangkan hal yang sangat penting. Misalnya tingkat toleransi investor atas resiko modal yang diinvestasikan, nilai keuntungan yang ingin diraih, tingkat kecepatan mendapatkan laba dan sebagainya.

Contoh investasi

Contoh karakter dari tips memilih investasi bagi yang karaternya konservatif yaitu membuat rumah kontrakan. Investasi semacam ini resiko kerugiannya rendah, namun perlu waktu lama untuk mendapatkan laba.

Sedangkan bagi yang memiliki karakter agresif, tips memilih investasi yang paling baik yaitu ikut bursa saham. Nilai keuntungannya besar dan cepat didapat, namun punya resiko kerugian tinggi.

Lalu untuk karakter moderat, maka tips memilih investasi yang paling cocok yaitu mengikuti bursa saham sekaligus mendirikan rumah kontrakan. Jadi dananya diinvestasikan di beberapa tempat.

Read More :   Peluang Bisnis Franchise Takoyaki Dari Jepang

Itulah sekilas info tentang tips memilih investasi sesuai dengan jenis investasi serta karakater investornya. Semoga bermanfaat.

Check Also

Peluang Usaha Menggiurkan Di Tahun 2017 Dengan Modal Kecil

Ditahun 2017, tentunya banyak hal baru bermunculan khususnya di bidang usaha, dimulai dari jenis usahanya, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *