Home / Tips Bisnis / Tips Memulai Usaha Les Privat Untuk Pelajar

Tips Memulai Usaha Les Privat Untuk Pelajar

Advertisement

Salah satu peluang usaha yang cukup menggiurkan yang bisa dijalankan adalah usaha les privat. Jenis usaha ini bisa dijadikan sebagai usaha sampingan yang tidak membutuhkan modal yang besar. Cukup dengan mempunyai kehalian di bidang tertentu dan keseriuan dalam menjalankanya atau memanfaatkan tenaga orang lain.

Namun, untuk bisa sukses dalam memulai usaha tersebut setidaknya ada 4 hal utama yang perlu dipikirkan dan dicermati sebelum membuka usaha les privat untuk pelajar. 4 hal tersebut yaitu modal dan ruang, lokasi usaha, tenaga pengajar serta teknik promosi dan pemasaran.

Tips Memulai Usaha Les Privat

1. Permodalan dan ruang

Modal yang perlu disiapkan untuk membuka usaha les privat pelajar adalah kursi, meja papan tulis, kertas, alat tulis dan perlengkapan lain sebagai sarana demi kelancaran kegiatan belajar mengajar.

Jika usaha les privat tersebut sifatnya individu, maka pemilik usaha sendirilah yang memberi pengajaran pada anak didiknya. Jadi ruang yang diperlukan tidak terlalu besar. Apalagi ketika anak didik lebih senang belajar di rumahnya sendiri, maka urusan pengadaan ruang mengajar dan alat-alat lainnya tidak perlu dipikir.

Read More :   Tips Menjadi Wirausaha Sukses Dan Tangguh

Meskipun demikian, masih ada alat lain yang memiliki fungsi sangat vital untuk melancarkan usaha les privat yaitu ponsel. Manfaat utama dari ponsel adalah agar komunikasi antara orang tua anak didik, peserta les dan pengajar bisa berjalan dengan baik dan lancar.

2. Lokasi usaha

Jika usaha les privat tersebut dilakukan di tempat sendiri atau anak didik yang datang, maka perlu lokasi strategis guna memudahkan peserta menjangkau tempat belajar. Lokasi ini untuk membuka usaha les privat ini tidak harus berada di jalan besar, namun yang terpenting adalah mudah diakses.

3. Tenaga pengajar atau guru

Setelah usaha les privat berjalan lancar tentu jumlah peserta didiknya juga bertambah banyak. Karena itu perlu tenaga pengajar lain agar proses belajar mengajar tetap bisa berjalan dengan lancar.

Pilih tenaga pengajar yang berkompeten serta mempunyai dedikasi tinggi khususnya di dunia pendidikan. Jika belum memiliki dana besar untuk menggaji guru profesional, dapat mencari mahasiswa tingkat akhir yang ilmunya sesuai dengan bidang usaha les privat yang diajarkan.

Read More :   8 Peluang Usaha Sampingan Ini Cocok Untuk Karyawan

4. Promosi dan pemasaran

Usaha les privat bisa maju dengan pesat jika didukung dengan teknik promosi dan pemasaran yang tepat. Salah satu metode yang paling umum diterapkan privat adalah menyebar brosur di sekolah-sekolah.

Bagian brosur usaha les privat itu tidak saja pada muridnya, namun juga pada orang tua anak. Cantumkan nama, alamat lengkap dan nomor telpun yang bisa dihubungi. Yang tidak kalah penting lagi, jelaskan kelebihan usaha les privat yang dipunyai tanpa harus menjelek-jelekan lembaga pendidikan resmi.

Nah, itulah bebera hal yang mesti diketahui dan dicermati ketika Anda melirik peluang usaha les privat sebagai pilihan usaha. Mmm,, semoga bermanfaat & selamat berwirausaha. 🙂

Advertisement

Check Also

Tips Memulai Bisnis Furniture Dari Fabelio

Kebutuhan akan berbagai perumahan, serta perkantoran yang kian meningkat tentu menjadikan berbagai perusahaan properti semakin …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *