Home / Usaha Kuliner / Peluang Usaha Makanan Ringan Sebagai Bisnis Sampingan

Peluang Usaha Makanan Ringan Sebagai Bisnis Sampingan

Advertisement

Usaha makanan ringan merupakan salah satu bisnis yang fleksibel untuk ditindaklanjuti. Bisnis ini dapat dijadikan pekerjaan utama ataupun sampingan bagi Anda sekalian. Misalnya, Anda yang berprofesi sebagai seorang karyawan swasta. Gaji yang diterima tiap bulan dirasa belum cukup untuk mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari dikarenakan sudah memiliki istri dan anak.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya menjalankan bisnis sampingan kecil-kecilan di rumah atau sebuah tempat usaha. Salah satu produk yang dapat dijual dengan keuntungan berlipat, yaitu makanan ringan atau dalam bahasa Inggrisnya snack. Begitu banyak makanan ringan yang dapat dijual. Namun dilihat dari bahan penyusunnya, makanan ringan terbagi atas jenis kering dan basah.

Bagaimana Perbedaan Dari Makanan Kering Dan Basah?

Anda yang tertarik untuk menjalankan usaha makanan ringan sebagai bisnis sampingan sudah seharusnya mengetahui perbedaan tersebut. Diinformasikan di sini, makanan ringan kering teksturnya benar-benar kering, sehingga saat digigit akan terasa kriuk atau renyah.

Makanan kering seperti ini bisa bertahan lebih lama untuk dijual. Misalnya, keripik tempe, rempeyek udang, kentang goreng, keripik singkong, dan lain sebagainya. Sementara itu, makanan kering basah biasanya bersifat lunak serta tidak lama bertahan untuk dijual.

Read More :   Peluang Bisnis Kuliner Kebab Turki Bermodal Kecil

Oleh karena itu, makanan ringan yang satu ini sebaiknya segera dijual karena untuk menghindari basi. Jika sudah basi, tentu saja tidak laku dijual dan Anda yang menjualnya mengalami kerugian. Misalnya, berbagai macam roti berbahan tepung terigu, jajanan pasar, serabi, dan masih banyak lagi.

Memulai Usaha Makanan Ringan

Setelah mengetahui perbedaan dari dua jenis makanan ringan yang dapat dijual, Anda pun bisa segera merencanakan bisnis tersebut. Pasalnya, pemilihan jenis makanan ringan akan berpengaruh pada strategi promosi dan penjualan yang akan dipraktikkan.

Perlu diingat, dikarenakan hanya sebagai bisnis sampingan sebaiknya disesuaikan dengan modal usaha yang dimiliki. Modal tersebut dapat dipakai dari hasil menabung di bank sebagai simpanan untuk keperluan berbisnis. Dengan begitu, Anda pun tidak perlu berbisnis sampingan yang beresiko tinggi. Silakan untuk menindaklanjuti informasi tentang usaha makanan ringan.

Advertisement

Check Also

Menilik Peluang Bisnis Lidah Buaya

Mencari penghasilan tambahan di sela-sela menekuni pekerjaan, tentu adalah salah satu hal yang sering dicari …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *